• Blog Stats

    • 57,161 hits
  • Kategori

  • Arsip

  • Pos-pos Terbaru

20 Juta Orang Tuna Wisma di Pakistan Angka korban banjir Pakistan ini 1,5 lebih banyak daripada yang dilansir PBB sebelumnya.

Perdana Menteri Pakistan Yusuf Raza Gilani menyebut 20 juta warga Pakistan terkena dampak banjir, jauh lebih besar daripada yang dilansir Perserikatan Bangsa-bangsa 14 juta.

Gilani menyampaikan itu dalam pidato memperingati 63 tahun kemerdekaan dari Inggris, Sabtu 14 Agustus 2010. Dia menyebut, 20 juta orang jadi tuna wisma, meski tak dirinci berapa yang terpaksa karena mengungsi atau karena rumahnya rusak kena banjir.

“Sangat disayangkan, hujan deras yang tak pernah terjadi sebelumnya dan banjir dahsyat telah membuat 20 juta rakyat tunawisma, menghancurkan pertanian dan makanan, merugikan miliaran dolar, menyapu jembatan, jalan, jaringan komunikasi dan listrik,” kata Gilani dilansir BBC.

PBB sebelumnya melansir banjir terparah dalam 80 tahun terakhir ini telah membunuh 1.600 orang. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon berencana mengunjungi negeri ini pada akhir pekan ini.

Pekerja-pekerja kemanusiaan terus berjuang menyelamatkan korban banjir ini. Tindakan diutamakan pada pencegahan penyebaran penyakit.

PBB menemukan satu orang tewas karena kolera. Diperkirakan ada 36.000 orang yang rentan terserang diare akibat dari penyebaran kolera.

Sementara itu, karena bencana dahsyat ini, Pakistan tak merayakan peringatan hari kemerdekaannya. “Antusiasme Hari Kemerdekaan tahun ini telah terpinggirkan karena banjir luar biasa atas ribuan orang dan meninggalkan bekas pada kehidupan ratusan ribu lainnya di seluruh negeri,” kata Presiden Pakistan Asif Ali Zardari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: