• Blog Stats

    • 57,161 hits
  • Kategori

  • Arsip

  • Pos-pos Terbaru

Pertarungan Politik dan Wajah Masa Depan Mesir

Perang poster di jalan-jalan Kairo antara para pendukung Gamal Mubarak (putra Presiden Hosni Mubarak) dengan mantan kepala-IAEA Mohamed El-Baradei berlangsung, demikian laporan Gamal Essam El-Din dari Cairo.

Wajah Gamal Mubarak, putra Presiden Hosni Mubarak dan ketua Partai Demokratik Nasional, partai yang berkuasa (RPN), yang berpengaruh terhadap Komite Kebijakan, muncul di poster di jalan-jalan pusat kota Kairo, seperti di Gammaliya, Moski, Bab Al-She’riya , Sayeda Aisha dan Qalaa, meminta rakyat untuk mendukung dalam pemilihan presiden tahun 2011. Poster, menampilkan potret Gamal, dengan kata-kata: “Ya untuk Gamal Mubarak sebagai presiden”, ini bagian kampanye oleh Koalisi Populer untuk dukungan Gamal Mubarak (PCSGM).

Koordinator PCSGM’s, Magdi El-Kordi, mengatakan “Kampanye adalah inisiatif dari kelompok muda yang percaya bahwa Presiden Hosni Mubarak, yang sudah berumur 82 tahun itu, harus mengundurkan diri tahun depan , agar memberikan ruang bagi anaknya ikut dalam pemilihan presiden” .

“Kampanye kami merupakan respon langsung terhadap Mohamed El-Baradei, mantan kepala IAEA”, ucap El-Kordi. Para pendukung El-Baradei telah mengumpulkan tanda tangan dari rakyat Mesir, agar mendukung amandemen konstitusi yang memungkinkan adanya calon independen dalam pemilihan presiden. Kami melihat peluang El-Baradei dan pembentukan Majelis Nasional untuk Perubahan [NAC], yang tidak memiliki agenda politik yang jelas. El-Kordi, 54, adalah anggota Partai Tagammu (kiri), yang sekarang menjadi pendukungan Gamal Mubarak.

“Saya sangat terkesan dengan kunjungan Gamal Mubarak ke daerah-daerah kumuh di Kairo dan Giza dan ke desa-desa miskin, dan dengan dukungan dari kelas menengah, dan telah menjadi milik jutaan rakyat Mesir ,” kata El-Kordi. “Jadi banyak alasan, sehingga saya memutuskan untuk memulai sebuah gerakan yang akan mendukung pencalonannya Gamal Mubarak untuk jabatan presiden”, tambahnya.

“Saya tidak akan menghubungi GAmal Mubarak sampai koalisi telah mengumpulkan dukungan massa untuk pencalonan dirinya dalam pemilihan tahun depan”, tegas El-Kordi. Sementara itu, El-Kordi telah mengklaim bahwa kampanye poster telah mendorong 4.000 kalangan muda Mesir untuk bergabung dengan gerakannya hanya dalam dua hari. Kampanye pro-Gamal tidak akan terbatas pada poster di jalan, tapi akan diperluas untuk situs-situs di Mesir.

“Kami berharap bahwa ketika kita kampanye melalui situs-situs yang populer seperti Facebook, kami akan membangkitkan dukungan bahkan lebih. Kami juga berencana untuk tur sejumlah provinsi mempromosikan Gamal Mubarak,” kata El-Kordi. Sekretaris NDP Alieddin Hilal, mengkonfirmasikan bahwa pejabat partai tidak ada hubungannya dengan kampanye yang dilakukan El-Kordi itu. “Ini merupakan inisiatif oleh sekelompok pemuda dan tidak mewakili posisi resmi di RPN,” kata Hilal.

Moufid Shehab, menteri negara untuk urusan hukum dan parlemen dari RPN, dan wakil Sekjen menegaskan bahwa, “Keputusan resmi NDP tentang calon presiden akan diumumkan tiga bulan sebelum pemilu, pada bulan Juli 2011”. Para calon (kandidat) harus dipilih dari Dewan Tinggi NDP, yang memiliki 45 anggota.

“Presiden Mubarak adalah pilihan terbaik RPN, untuk presiden pada tahun 2011, dan tidak ada anggota NDP berwenang untuk mengumumkannya”, kata NDP Sekretaris Jenderal Safwat El-Sherif . Presiden Mubarak, lanjut El-Sherif, menentang berita di pers Barat dan Israel menuduh bahwa Mubarak sakit-sakitan, dan sudah tidak mampu memerintah. Sesungguhnya, Mubarak dalam kondisi sangat baik dan benar-benar mampu mejalankan roda pemerintahan enam tahun mendatang”, ujar El-Sherif.

Kalangan oposisi telah diprovokasi oleh poster kampanye pro-Gamal. Situs resmi Ikhwanul Muslimin dilarang percaya bahwa “Pejabat senior NDP berdiri di belakang kampanye”.

“Ada konflik antara tokoh-tokoh tua NDP, yang merupakan pendukung Presiden Mubarak dan ingin segera dia mati, sehingga mereka dapat mempertahankan posisi mereka, dan generasi RPN, yang lebih muda yang ingin melihat Gamal Mubarak sebagai presiden Mesir yang akan datang,” kata ikhwanweb.

Ikhwanul Muslimin dan orang-Baradei yang dipimpin NAC melakkan kerja sama melalui petisi online menyerukan reformasi politik dan amandemen konstitusi. Ikhwanweb mengklaim bahwa mereka telah mengumpulkan 252.000 tanda tangan untuk petisi itu, sedangkan NAC website mengatakan telah lebih dari 450.000 tanda tangan untuk mendukung manifesto reformasi politik El-Baradei.

Tidak mau kalah oleh NAC, yang mencari satu juta tanda tangan untuk mendukung kampanye El-Baradei, para PCSGM mengatakan bertujuan untuk memenangkan dukungan dari lima juta warga untuk dukungan calon presiden Gamal Mubarak.

NAC dan gerakan lainnya menentang pemerintah, termasuk Gerakan Pemuda 6 April, telah menempel poster jalan-jalan di Kairo dan Alexandria dengan poster El-Baradei. Sumber NDP mengatakan, “Kami telah berhasil mengumpulkan tanda tangan satu-juta tanda tangan kampanye.” “Angka ini,” kata sumber itu, “hanya mewakili 1,4 persen populasi Mesir dari 84 juta, dan sebagian besar tanda tangan, terutama yang dikumpulkan melalui internet, adalah palsu.”

Ayman Nour pemimpin Partai Ghad mengatakan kampanye poster belum menjelaskan lebih banyak bukti bahwa Gamal Mubarak siap untuk mewarisi kekuasaan dari ayahnya. Nour, yang juga kandidat presiden potensial pada tahun 2011, mengatakan, seorang pemilik beberapa toko di distrik Gammaliya tentang poster pro-Gamal telah disiapkan oleh karyawan (pegawai) Dewan Kota Kairo.

“Mereka mengatakan bahwa mereka terpaksa untuk memasangn poster untuk menghindari ancaman dari pejabat setempat,” kata Nour yang menggunakan jargon denagn “Perubahan melalui Partai Politik”, dan telah menyelenggarakan konferensi pada tanggal 29 Juli lalu. Nour mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan poster kampanye sendiri, yang akan menaikkan slogan-slogan seperti “Mesir terlalu besar untuk Anda, Gamal Mubarak” dan “Tidak untuk Gamal Mubarak”.

Mustafa Elwi, ditunjuk anggota Dewan Syura NDP dan profesor Ilmu Politik Universias Cairo, bertanya, “Mengapa pendukung Gamal Mubarak harus ditolak memasang poster, sementara para pendukung El-Baradei atau Nour diperbolehkan untuk melakukannya?” , ujar Elwi. .

NAC Koordinator NAC, Hassan Nafaa berpikir kampanye pro-Gamal dapat untuk mengukur popularitas Gamal Mubarak atau mungkin, “Membuka sesuatu yang dimasak oleh pengusaha dekat dengan Gamal Mubarak di RPN, yang ingin melihatnya sebagai presiden pro-bisnis Mesir”, ucapnya.

Dalam pidatonya kepada para pemimpin NDP muda, Gamal Mubarak fokus pada manifesto partai. Menanggapi pertanyaan tentang masa depan politiknya pada tanggal 2 Agustus yang lalu, Gamal Mubarak,yang berumur-47, anak Presiden Hosni Mubarak, mengatakan pada hari Selasa bahwa akan mencurahkan seluruh waktunya dengan penuh, jika nanti ia berkuasa, ujar El-Din.

Sementara itu, Mubarak belum secara resmi mengumumkan pencalonannya dalam pemilihan presiden mendatang, dijadwalkan pada bulan September 2011, dan Presiden Hosni Mubarak telah beberapa kali membantah bahwa putranya sedang dipersiapkan untuk mengambil alih.

“Budaya isu harus menjadi bagian dari program reformasi NDP. Kami tidak akan pernah mampu mencapai pembangunan yang terintegrasi tanpa meningkatkan budaya yang ada,” kata Gamal Mubarak, menyatakan bahwa agenda reformasi partai, dirumuskan dalam slogan “cara berpikir baru “diadopsi pada tahun 2002, telah diberi energi kehidupan politik di Mesir.

“Ini adalah agenda yang membuka jalan menuju dinamika politik yang melanda negara itu dalam beberapa tahun terakhir sebagai kebebasan berekspresi yang belum pernah terjadi sebelumnya diizinkan untuk tumbuh,” katanya.

“Bulan-bulan mendatang akan melihat silang pendapat di antara kekuatan politik besar pada masalah reformasi dan masa depan negara ini, yang hanya alam mengingat betapa sulitnya untuk membangun konsensus tentang isu-isu politik.”

Mubarak muda ini juga berpendapat bahwa perubahan Pasal 76 dari konstitusi pada tahun 2005, dan perubahan dari 34 artikel pada tahun 2007, membuka cakrawala reformasi politik di Mesir. “Perubahan mengakhiri referendum calon tunggal, mendorong banyak politisi untuk berdiri di pemilihan presiden,” kata Mubarak. (m/alhrm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: